UNIVERSITAS GUNADARMA
Disusun
oleh :
BESTARIGO
MATA GAMA (22214147)
1EB19
Kata Pengantar
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan moril ataupun materil sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya selaku penulis dan umumnya bagi para pembaca.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR…………………………………………………………………. ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………….. iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang………………………………………………….. 1.
B. Tujuan
Penulisan……………………………………………....... 1.
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Pemasaran…………………………………………… 2.
B. Pengertian
Manajemen…………………………………………... 3.
C. Pengertian
Manajemen Pemasaran…………….………………... 5.
D. Pengertian
Pasar………………..………………………………... 5.
E. Jenis
– jenis Pasar……………………………………………….. 6.
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan……………………………………………………… 8.
B. Daftar
Pustaka …………………………………………………. 9.
BAB
I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Istilah
kata pasar dan pemasaran sering sekali
dmana pun banyak di dengar dan kita jumpai. Pasar menurut dalam arti sempit
adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi
jual dan jasa.
Disamping
adanya pasar ada juga pemasaran, pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam
perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu
sendiri menetukan harga barang dan jasa.
Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah :
- Produksi
- Pemasaran
- Konsumsi
Hubungan
antara pasar dan pemasaran sangatlah berkaitan karena semua berhubungan antara
penjual dan pembeli.
Tujuan
- Melihat perbandingan dari pengertian pasar dan pemasaran
- Mempelajari tentang pasar dan pasar
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN
PEMASARAN
Ada beberapa definisi
pemasaran menurut para ahli, yaitu :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah
kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui
proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran
adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari
kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi
dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai
pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Pengertian pemasaran secara umum ataupun luas :
Pemasaran
(bahasa
Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi
terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenai barang
atau jasa
dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan
manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang
manusia membutuhkan air
dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan
dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya
namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah
dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan
kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan
manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk
(product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan
mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran
disebut pemasar. Pemasar ini
sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan
pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama
pihak konsumen yang dituju.
Pemasaran adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai
barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan
manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang
kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
PENGERTIAN
MANAJEMEN
Manajemen
adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu menegement yang
berarti seni melaksanakan dan mengatur. Sejauh ini memang belum ada kata yang
mapan dan diterima secara universal sehingga pengertiaanya untuk masing-masing
para ahli masih memiliki banyak perbedaan.
Secara umum manajemen
juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses
untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang
atau sumber milik organisasi. Dalam hal ini
manajemen dibedakan menjadi 3 bentuk karakteristik, diantaranya adalah:
·
Sebuah proses atau seri dari aktivitas yang berkelanjutan dan
berhubungan.
·
Melibatkan dan berkonsentrasi untuk mendapatkan
tujuan organisasi.
·
Mendapatkan hasil-hasil ini dengan
berkerja sama dengan sejumlah orang dan memanfaatkan sumber-sumber dimiliki si
organisasi.
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :
Seperti yang sudah
disebutkan sebelumnya, bahwa sejauh ini belum ada
kata mapan dan diterima secara universal tentang pengertian dari manajemen dan
dengan demikian, maka beberapa para ahli masih memiliki pandangan yang berbeda
terkait dengan pengertian manajemen itu sendiri.
Menurut G.R. Terry:
Manajemen adalah suatu
proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu
kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang
nyata.
Menurut Hilman:
Manajemen adalah fungsi
untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha
individu untuk mencapai tujuan yang sama.
Menurut Ricky W. Griffin:
Manajemen sebagai
sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan
sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif
berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien
berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan
sesuai dengan jadwal.
Menurut Drs. Oey Liang Lee:
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,
penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut William H. Newman:
Manajemen adalah fungsi
yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.
Menurut Renville Siagian:
Manajemen adalah suatu
bidang usaha yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para
tenaga ahli terlatih serta berpengalaman.
Menurut Prof. Eiji Ogawa:
Manajemen adalah
Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk
system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih
dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan
sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
Menurut Federick Winslow Taylor:
Manajemen adalah Suatu
percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul
dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama
manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat
perumusan.
Menurut Henry Fayol:
Manajemen mengandung
gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang,
mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.
Lyndak F. Urwick:
Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing
(perencanaan Pengorganisiran), Commanding (memerintahklan), Coordinating
(pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).
PENGERTIAN
MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu
manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah
analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.
Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian
(organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran
adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan
organisasi.
PENGERTIAN
PASAR
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual
untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya
bukan tempatnya. Ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau
jual beli. Para konsumen datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang
untuk membayar harganya. Stanton, mengemukakan pengertian pasar yang lebih luas. Pasar dikatakannya merupakan orang-orang yang mempunyai keinginan
untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya. Jadi,
dalam pengertian tersebut terdapat faktor-faktor yang menunjang terjadinya
pasar, yakni: keinginan, daya beli, dan tingkah laku dalam pembelian.
Pasar memiliki
sekurang-kurangnya tiga fungsi utama, yaitu fungsi distribusi, fungsi
pembentukan harga, dan fungsi promosi. Sebagai fungsi distribusi,
pasar berperan sebagai penyalur barang dan jasa dari produsen ke konsumen
melalui transaksi jual beli. Sebagai fungsi pembentukan harga, di pasar penjual
yang melakukan permintaan atas barang yang dibutuhkan. Sebagai fungsi promosi,
pasar juga dapat digunakan untuk memperkenalkan produk baru dari produsen
kepada calon konsumennya.
Jadi, pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan
transaksi jual-beli barang atau jasa. Tetapi, pasar tidak harus selalu
dikaitkan dengan tempat tertentu. Dengan demikian pasar akan terjadi apabila
memenuhi syarat ada penjual dan pembeli, ada barang dan jasa yang di
perjualbelikan, dan ada interaksi antara penjual dan pembeli, baik secara
langsung ataupun tidak.
JENIS – JENIS PASAR
a.
Pasar Barang.
Pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang. Pasar
barang dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yakni :
·
Pasar Barang Nyata / Riil. Pasar barang nyata adalah
pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang bentuk dan fisiknya jelas.
Contohnya adalah pasar kebayoran lama, pasar senen, pasar malam, pasar kaget,
dan lain-lain.
·
Pasar Barang Abstrak. Pasar barang abstrak adalah
pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak riil secara fisik.
Contoh jenis pasar ini adalah pasar komoditas / komoditi yang menjual barang
semu seperti pasar karet, pasar tembakau, pasar timah, pasar kopi dan lain
sebagainya.
b.
Pasar Jasa / Tenaga.
Pasar jasa adalah pasar yang menjual produknya dalam
bentuk penawaran jasa atas suatu kemampuan. Jasa tidak dapat dipegang dan
dilihat secara fisik karena waktu pada saat dihasilkan bersamaan dengan waktu
mengkonsumsinya. Contoh pasar jasa seperti pasar tenaga kerja, Rumah Sakit yang
menjual jasa kesehatan, Pangkalan Ojek yang menawarkatn jasa transportasi
sepeda motor, dan lain sebagainya.
c.
Pasar Uang dan Pasar Modal.
·
Pasar Uang.
Pasar Uang adalah pasar yang memperjual belikan mata uang negara-negara
yang berlaku di dunia. Pasar ini disebut juga sebagai pasar valuta asing /
valas / Foreign Exchange / Forex. Resiko yang ada pada pasar ini relatif besar
dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, namun demikian keuntungan yang
mungkin diperoleh juga relatif besar. Contoh adalah transaksi forex di BEJ,
BES, agen forex, di internet, dan lain-lain.
·
Pasar Modal.
Pasar Modal adalah pasar yang memperdagangkan
surat-surat berharga sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan
bisnis atau kepemilikan modal untuk diinvestasikan sesuai dengan kesepakatan
yang telah dibuat. Contohnya seperti saham, reksadana, obligasi perusahaan
swasta dan pemerintah, dan lain sebagainya.
Jenis pasar
menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan
menjadi:
a. Pasar
Tradisional.
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para
penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang
yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
b. .Pasar
Modern.
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana
barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri.
Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern
lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa
pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya :
- pasar hewan
- pasar sayur
- pasar buah
- pasar ikan dan
- daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis
Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang
yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
•
Pasar Lokal
•
Pasar Daerah
•
Pasar Nasional dan
•
Pasar Internasional
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari uraian diatas
dapat disimpulkan bahwa pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli
(penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi
pada waktu dan tempat tertentu. Sedangkan pemasaran adalah kegiatan manusia
yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses
pertukaran.
sumber :
M.Fuad, Christine H, Nurlela,
Sugiarto, dan Paulus Y.E.F. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar